TY - THES M1 - skripsi N2 - Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui perbedaan tingkat kecerdasan emosional siswa kelas khusus olahraga dengan siswa reguler di SMP N 13 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Populasi penelitian ini adalah siswa ? siswi. SMP N 13Yogyakarta kelas reguler dan kelas khusus olahraga, populasi dalam penelitian ini terdiri dari 118 siswa yang mengikuti program KKO dan reguler. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen penelitian Dion Prasetyo (2015) tentang tingkat kecerdasan emosional peserta didik yang mengikuti ekstrakulikuler olahraga 26 pertanyaan yang meliputi aspek mengenali emosi, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan yang memiliki nilai reabilitas sebesar 0,839. Analisis data dilakukan dengan uji t, dengan melakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, diketahui nilai p = 0,000, karena p < 0,05, maka hal ini berarti menunjukkan bahwa ada perbedaan kecerdasan emosional antara siswa KKO dengan siwa reguler dengan hasil tingkat kecerdasan emosional siswa KKO lebih baik dibandingkan dengan siswa reguler di SMP N 13 Yogyakarta. UR - http://eprints.uny.ac.id/64731/ ID - UNY64731 KW - kecerdasan emosional KW - siswa Y1 - 2019/07/15/ AV - public A1 - Faruq, Saif Fathan Al TI - PERBEDAAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA DENGAN SISWA REGULER DI SMP N 13 YOGYAKARTA PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan ER -