<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "The Use of Cohesive Devices in the Writing of Senior \r\nHigh School Students in Kebumen"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe perangkat kohesi yang digunakan \r\noleh siswa, frekuensi penggunaan perangkat kohesi, dan perbedaan penggunaan\r\nperangkat kohesi dari masing-masing sekolah. \r\nPenelitian ini menganalisis penggunaan perangkat kohesi dalam tulisan siswa di\r\nsekolah menengah atas di kelas sepuluh SMA di tahun akademik 2017/2018.\r\nMetodologi penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian\r\nini terdiri dari tiga kelompok siswa di tiga sekolah dibagi menjadi tiga wilayah\r\nyaitu perkotaan, pinggir kota, dan pedesaan. Ada 93 komposisi teks report siswa\r\nuntuk dianalisis dengan menggunakan teori kohesi oleh Halliday dan Hasan\r\n(1976). Analisis berkaitan dengan: kohesi gramatikal (referensi, substitusi, elipsis,\r\nkonjungsi) dan kohesi leksikal (pengulangan dan kolokasi). Teknik yang\r\ndigunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik simak dan catat. Analisis data\r\nmenggunakan metode agih. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri\r\n(human instrument), tes, dan tabel analisis. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemunculan dari perangkat\r\nkohesi dari masing-masing sekolah. Penelitian ini mengungkapkan bahwa tiga\r\nkelompok siswa menghasilkan empat perangkat kohesif utama yaitu. Kelompok\r\nperkotaan menggunakan kohesi leksikal 53,03%, referensi 30,58%, konjungsi\r\n16,36%, elipsis 0,03%. Kelompok pinggir kota menggunakan kohesi leksikal\r\n52,9%, referensi 31,2%, konjungsi 15,1%, ellipsis 0,8%. Kelompok pedesaan\r\nmenggunakan kohesi leksikal 53,6%, referensi 30,7%, konjungsi 15,5%, ellipsis\r\n0,2%. Data dari tiga sekolah menunjukkan bahwa kohesi leksikal paling tinggi\r\ndigunakan terutama pada pengulangan, dapat ditafsirkan sebagai upaya untuk\r\nmenekankan poin-poin dari topik tulisan siswa dan memberikan kesan yang kuat\r\ndi benak pembaca. Sementara itu, inti dari menggunakan referensi adalah untuk\r\nmeminimalkan pengulangan nama orang, benda, dan peristiwa yang terjadi dalam\r\ntulisan yang sama. Selanjutnya, penggunaan ellipsis dan subtitusi ditafsirkan\r\nuntuk memfasilitasi siswa untuk mengontrol jumlah kata yang digunakan untuk\r\nmengungkapkan informasi. Selain itu, penggunaan kata hubung juga untuk\r\nmewakili koneksi yang dikenali di antara kalimat. \r\nKata Kunci : piranti kohesi, kohesi, teks report, kohesi gramatikal, kohesi leksikal,\r\nsekolah wilayah geografis."^^ . "2019-02-28" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Atik Muhimatun"^^ . "Asroriyah"^^ . "Atik Muhimatun Asroriyah"^^ . . . . . . "The Use of Cohesive Devices in the Writing of Senior \r\nHigh School Students in Kebumen (Text)"^^ . . . "Atik Muhimatun Asroriyah-16706251028-LT.swf"^^ . . "HTML Summary of #64724 \n\nThe Use of Cohesive Devices in the Writing of Senior \nHigh School Students in Kebumen\n\n" . "text/html" . . . "Pasca Sarjana" . .