%D 2012 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS II KECAMATAN NGEMPLAK SLEMAN TAHUN 2011/2012 %L UNY6472 %A Arlita Dian PuspitaNingrum %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap motivasi belajar IPS pada kelas V SD se-Gugus II Kecamatan Ngemplak Sleman tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto dengan variabel independen yaitu media gambar, dan variabel dependen yaitu motivasi belajar IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Gugus II Kecamatan Ngemplak Sleman yang berjumlah 163 siswa. Pengambilan sampel menggunakan table Krecjie bila jumlah populasi 163 dengan taraf kesalahan 5%, maka jumlah sampelnya adalah 113 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan instrument angket.Tehnik pengumpulan data menggunakan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Validitas item instrument dihitung dengan korelasi product moment dan dikoreksi dengan rumus koefisien alpha. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment dan analisis regresi. Perhitungan dan analisisnya menggunakan analisis data SPSS 15. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi Y’ = 27,783 + 0,467X dan nilai F sebesar 102,607 dengan signifikansi 0.000, sehingga p<0,05. Uji korelasi menunjukkan r sebesar 0,693. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,480 atau 48% (berasal dari 0,480 x 100%) artinya, media gambar mempengaruhi sebesar 48% sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Makahipotesis yang menyatakan bahwa media gambar mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar yang diajukan dalam penelitian ini terbukti atau hipotesaditerima. Kata kunci: Media Gambar, Motivasi Belajar IPS