eprintid: 64709 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 1278 dir: disk0/00/06/47/09 datestamp: 2019-07-23 03:54:38 lastmod: 2019-07-23 03:54:38 status_changed: 2019-07-23 03:54:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hartomo S., Nur title: ANALISIS TERHADAP KENYAMANAN RUANG KELAS DAN LABORATORIUM DI GEDUNG IDB JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DITINJAU DARI ASPEK ANTROPOMETRI ispublished: pub subjects: tekno_sipil divisions: ft_jurdik_sipil_d3_sipil full_text_status: public keywords: Antropometri, Gedung IDB abstract: Interior ruang kelas dan laboratorium sangat berpengaruh terhadap kenyamanan peserta didik dalam melakukan aktivitas belajar mengajar. Pemilihan jenis furnitur, pengaturan sirkulasi, dan penggunaan luas ruang yang tepat akan membantu peserta didik dalam meningkatkan konsentrasi dalam belajar. Untuk mengatahui apakah jenis furnitur, pengaturan sirkulasi, dan penggunaan luas ruang sudah tepat, maka perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian ruang kelas dan laboratorium di Gedung IDB Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta dari aspek antropometri. Kesesuaian yang ditinjau yaitu (1) luas ruang; (2) detail dimensi furnitur; (3) penataan furnitur dalam ruangan. Jenis penelitian ini menggunakan metode observasi lapangan dengan 100 orang mahasiswa sebagai sampel penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah penelitian komparatif, yaitu membandingkan antara kondisi di lapangan dengan standar yang ada. Analisis dilakukan dengan penilaian menggunakan standar Kementerian PUPR dari Direktorat Jenderal Perumahan dan Pemukiman dalam menilai keandalan bangunan. Hasil penelitian menunjukkan dari tujuh meja yang diteliti tujuh meja dalam kategori sesuai; dari enam kursi yang diteliti enam kursi dalam kategori sesuai; dari tujuh papan tulis yang diteliti tujuh dalam kategori kurang sesuai; dari lima layar proyektor yang diteliti lima dalam kategori sesuai; dari penataan delapan ruang yang diteliti dua ruang dalam kategori sesuai, tiga ruang dalam kategori kurang sesuai, dan tiga ruang dalam kategori tidak sesuai; dari luas delapan ruang yang diteliti delapan ruang dalam kategori sesuai. Dari tiga elemen yang diteliti di Gedung IDB Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta, mayoritas elemen sudah sesuai dengan antropometri penggunannya. date: 2019-07-15 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Fakultas Teknik thesis_type: d3ta citation: Hartomo S., Nur (2019) ANALISIS TERHADAP KENYAMANAN RUANG KELAS DAN LABORATORIUM DI GEDUNG IDB JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DITINJAU DARI ASPEK ANTROPOMETRI. D3 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/64709/1/1.%20Cover.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/64709/2/2.%20Abstrak.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/64709/3/3.%20BAB%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/64709/4/4.%20BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/64709/5/5.%20BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/64709/6/6.%20BAB%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/64709/7/7.%20BAB%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/64709/8/8.%20Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/64709/9/9.%20Lampiran.pdf