%X Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui gambaran RPP mata pelajaran PJOK ditinjau dari pendidikan karakter di SMA untuk wilayah kota Yogyakarta; dan (2) mengetahui aspek-aspek pendidikan karakter yang paling sering muncul dalam RPP pembelajaran PJOK yang menggunakan kurikulum 2013 di SMA Negeri untuk wilayah kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei dengan menggunakan teknik analisis dokumen. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 dokumen RPP dari 10 SMA Negeri di Wilayah Kota Yogyakarta. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (Human Instrument) dengan menggunakan lembar penilaian RPP yang di susun oleh peneliti dan validasi dilakukan dengan expert judgment. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aspek pendidikan karakter yang lebih dominan muncul dalam RPP yang menggunakan kurikulum 2013 di SMA Negeri Wilayah Kota Yogyakarta adalah komunikatif sebesar 18,19%, disiplin 13,70%, tanggung jawab 10,90%, mandiri 10,19%, rasa ingin tahu 9,70%, kreatif 7,40%, toleransi 6,07%, jujur 5,98%, religius 5,10%, gemar membaca 5,10%, kerja keras 4,13%, cinta damai 2,43%, dan peduli lingkungan 1,85%. Aspek pendidikan karakter yang paling mendominasi pada penelitian ini adalah komunikatif yaitu sebesar 18,19%. %A Reskil Aufat Akbar %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %T ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SMA NEGERI UNTUK WILAYAH KOTA YOGYAKARTA DITINJAU DARI PENDIDIKAN KARAKTER %D 2019 %K pendidikan karakter, RPP, kurikulum 2013 %L UNY64699