%A Nuril Alvi Machmudha %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode active learning tipe team quiz pada pembelajaran bermuatan IPS terhadap tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Sidorejo, Kalasan, Sleman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif (quasi experiment). Populasi ini adalah siswa SD Negeri se-Gugus Sidorejo dengan jumlah 158 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling, yaitu dari dua sekolah diambil dengan pengundian yakni SD Negeri Kertirejo sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan SD Negeri Salakan Lor sebagai kelas kontrol sebanyak 26 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala Likertdengan empat pilihan jawaban. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis inferensial. Hasil penelitian analisis regresi menunjukkan bahwa metode active learning tipe team quiz lebih berpengaruh dalam menumbuhkembangkan tanggung jawab siswa daripada menggunakan metode konvensional. Pada kelas eksperimen yang diajar dengan metode active learning tipe team quiz skor rata-rata sebesar 123,27 sedangkan pada kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional sebesar 116,54. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode active learning tipe team quiz berpengaruh terhadap sikap tanggung jawab siswa. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa ada perbedaan tanggung jawab siswa secara signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Hal tersebut dibuktikan bahwa Ha diterima Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara tanggung jawab peserta didik setelah pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata kunci: Metode Active Learning tipe Team Quiz, IPS, dan Tanggung Jawab. %D 2019 %T PENGARUH METODE ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ PADA PEMBELAJARAN BERMUATAN IPS TERHADAP TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS SIDOREJO KALASAN SLEMAN %L UNY64667 %I Fakultas Ilmu Pendidikan