TY - THES M1 - skripsi AV - restricted PB - Fakultas Ilmu Pendidikan N2 - Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran matematika ?Rak Telur Pelangi? pada materi perkalian kelas II SD yang layak digunakan sesuai dengan tahap perkembangan kognitif siswa, 2) mengetahui penggunaan media pembelajaran ?Rak Telur Pelangi? untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Prosedur penyusunan produk ?Rak Telur Pelangi? yaitu melalui tahap Penentuan Masalah, Studi Literatur, Rancangan Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Pembuatan Produk, dan Uji Coba Terbatas pada guru dan siswa kelas II SD. Media ?Rak Telur Pelangi? dinilai oleh ahli materi, ahli media, dan guru kelas II SD. Hasil dari penelitian media pembelajaran ?Rak Telur Pelangi? setelah berhasil dikembangkan adalah sebagai berikut: kelayakan produk ditunjukkan dengan kualitas produk berdasarkan 1) penilaian ahli materi diperoleh skor 84 dengan rata-rata skor 4,94 (kategori baik sekali), 2) penilaian ahli media diperoleh skor 89 dengan rata-rata skor 4,68 (kategori baik sekali), 3) penilaian oleh guru kelas diperoleh skor 122 dengan rata-rata skor 4,88 (kategori baik sekali). Sedangkan berdasarkan hasil uji coba terbatas pada siswa kelas II SD Negeri Beji, siswa mengalami peningkatan pada hasil belajar siswa sebesar 30,69%. Dengan demikian, media pembelajaran matematika ?Rak Telur Pelangi? layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada materi perkalian dikelas II SD. Kata kunci: Pembelajaran Matematika, Media Pembelajaran, Perkembangan Anak Y1 - 2019/07/22/ TI - PENGEMBANGAN MEDIA RAK TELUR PELANGI PADA MATERI PERKALIAN DI KELAS II SD NEGERI BEJI A1 - Prabowo, Wahyu Nur ID - UNY64662 UR - http://eprints.uny.ac.id/64662/ ER -