%0 Thesis %9 S2 %A Wahyuningsih, Sri %B Program Pascasarjana %D 2019 %F UNY:64656 %I UNY %T Pengaruh Motivasi Belajar, Pengetahuan tentang Tipe Teks, dan Penguasaan Penanda Kohesi terhadap Pemahaman Bacaan Berbahasa Inggris Siswa kelas VIII SMP Negeri Kabupaten Gunungkidul %U http://eprints.uny.ac.id/64656/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: (1) pengaruh motivasi belajar, pengetahuan tentang tipe teks, dan penguasaan penanda kohesi secara bersama-sama terhadap pemahaman bacaan berbahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri Kabupaten Gunungkidul dan (2) urutan peran masing-masing variabel terhadap pemahaman bacaan berbahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri Kabupaten Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto, dengan melibatkan tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Motivasi belajar sebagai variabel bebas satu (X1), pengetahuan tentang tipe teks sebagai variabel bebas dua (X2), dan penguasaan penanda kohesi sebagai variabel bebas tiga (X3). Pemahaman bacaan berbahasa Inggris sebagai variabel terikat (Y). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gunungkidul. Teknik pengambilan sampel stratified propotional simple random sampling. Instrumen penelitian adalah angket dan tes. Kualitas instrumen angket dilihat dengan Analisis Faktor dan instrumen tes dilihat dengan Item Response Theory (IRT) model 1-PL menggunakan program QUEST. Data dianalisis dengan teknik Regresi Ganda yang diteruskan dengan Korelasi Parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar, pengetahuan tentang tipe teks, dan penguasaan penanda kohesi secara bersama-sama berpengaruh terhadap pemahaman bacaan berbahasa Inggris siswa (F 6.624 dan p ≤ 0. 05). Urutan peran masing-masing variabel terhadap pemahaman bacaan berbahasa Inggris adalah penguasaan penanda kohesi dengan nilai r sebesar 0. 200, motivasi belajar dengan nilai r sebesar 0. 134, dan pengetahuan tentang tipe teks dengan nilai r sebesar 0. 052. Kata kunci: motivasi belajar, pengetahuan tentang tipe teks, penguasaan penanda kohesi, pemahaman bacaan berbahasa Inggris