TY - THES Y1 - 2019/07/01/ KW - penelitian pengembangan KW - media pembelajaran KW - pemesinan dasar UR - http://eprints.uny.ac.id/64653/ ID - UNY64653 PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Widianto, Arief Satrio TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN PEMESINAN DASAR DI SMK N 1 PURWOREJO M1 - skripsi AV - public N2 - Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui tahapan/alur yang digunakan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran interaktif yang dioperasikan melalui smartphone dan komputer, dan (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan software Adobe Flash untuk mendukung pembelajaran Pemesinan Dasar yang di SMK N 1 Purworejo Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian yang digunakan adalah mengetahui potensi dan masalah yang berkaitan dengan media pembelajaran, melakukan pengumpulan data terkait potensi dan masalah tersebut, desain produk yang akan dikembangkan, validasi desain dengan ahli materi dan ahli media untuk mengetahuni penilaian kelayakan, revisi desain sesuai masukan validator, uji coba lapangan dengan responden 61 siswa kelas X Teknik Pemesinan, revisi produk, dan produksi produk. Responden untuk penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, dan siswa. Data penelitian didapatkan menggunakan kuesioner/angket. Data kemudian dianalisis secara diskriptif kuantitatif skala 4 menggunakan tabel konversi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif tahapan yang perlu dilakukan adalah mengetahui motensi dan masalah, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba, revisi, produksi masal. (2) tingkat kelayakan media menurut ahli materi diperoleh skor 3,94 dengan kriteria sangat baik, dari ahli media diperoleh skor 3,65 dengan kriteria sangat baik, dan data uji coba lapangan dengan responden siswa dari aspek tampilan diperoleh skor rerata 3,48 dengan kriteria sangat baik, aspek materi diperoleh skor rerata 3,59 dengan kriteria sangat baik, serta dari aspek kemanfaatan diperoleh skor 3,42 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran kompetensi pemesinan dasar. ER -