%L UNY64648 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa ramah disabilitas fasilitas fisik di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta bagi penyandang tunadaksa cacatkaki, mengetahui elemen mana saja yang paling memenuhi standar aksesibilitas bagi penyandang tunadaksa cacat kaki, dan mengetahui elemen mana saja yang paling tidak memenuhi standar aksesibilitas bagi penyandang tunadaksa cacat kaki. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi komparatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunujukkan bahwa elemen pintu dengan prosentase 77,78%, elemen selasar dengan prosentase 72,22%, elemen tangga dengan prosentase 71,42%, elemen ram dengan prosentase 60%, dan elemen toilet dengan prosentase 83,33%. Elemen yang memperoleh prosentase tertinggi adalah toilet, sedangkan elemen yang memperoleh prosentase terendah adalah ram. %A Siti Julaeha %K evaluasi, aksesibilitas, disabilitas %D 2019 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T EVALUASI AKSESIBILITAS BAGI PENYANDANG TUNADAKSA DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA