@phdthesis{UNY64639, month = {June}, title = {IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI SDIT ANAK SHOLEH}, author = {Esti Apriliani}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2019}, url = {http://eprints.uny.ac.id/64639/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan kewirausahaan di SDIT Anak Sholeh, yang dilihat dari berbagai aspek yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah SDIT Anak Sholeh dan objek penelitian adalah pendidikan kewirausahaan, narasumber penelitian meliputi kepala sekolah, perwakilan guru kelas, perwakilan siswa dan penanggung jawab program pendidikan kewirausahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi pendidikan kewirausahaan di SDIT Anak Sholeh sebagai berikut: 1) perencanaan pendidikan kewirausahaan dilaksanakan dalam kegiatan rapat guru yang dilaksanakan setiap awal semester; 2) pelaksanaan pendidikan kewirausahaan dilakukan melalui integrasi mata pelajaran tematik; melalui kegiatan pengembangan diri, meliputi kegiatan rutin (market day, sholat dhuha berjamaah dan outing class), kegiatan spontan, kegiatan keteladanan dan kegiatan pengondisian; melalui bahan ajar tematik dan dilaksanakan secara spontan untuk satu kali pelaksanaan pembelajaran, dan melalui kegiatan muatan lokal membatik; dan 3) evaluasi pendidikan kewirausahaan dilaksanakan dalam rapat guru yang diadakan setiap akhir semester. Kata kunci: pendidikan, kewirausahaan, sekolah dasar} }