%T PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DENGAN APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI I KARANGSARI, PENGASIH, KULON PROGO %I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2019 %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri I Karangsari, Pengasih, Kulon Progo melalui penerapan media pembelajaran berbasis ICT dengan aplikasi Lectora Inspire. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri I Karangsari, Pengasih, Kulon Progo yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data hasil motivasi belajar siswa, sedangkan lembar observasi digunakan untuk memperoleh hasil aspek motivasi belajar dalam proses pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran IPS melalui media Lectora Inspire. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data hasil motivasi belajar siswa dan analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis data hasil observasi motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Lectora Inspire pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD N I Karangsari. Berdasarkan hasil angket yang diperoleh siswa pada setiap akhir siklus menunjukkan peningkatan motivasi belajar IPS. Persentase ketuntasan pada pratindakan sebesar 49,98%, Siklus I sebesar 74,98%, dan siklus II sebesar 92,85%. Secara proses, menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran menjadi meningkat, terlihat dari siswa lebih aktif, komunikatif serta suasana pembelajaran lebih menyenangkan. Kata kunci : motivasi belajar siswa, lectora inspire %A Riska Rahmadani %L UNY64636