@phdthesis{UNY64635, month = {July}, title = {PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE PQ4R (PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JUMOYO 4 SALAM MAGELANG}, author = {Nurhayati Astuti}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2019}, url = {http://eprints.uny.ac.id/64635/}, abstract = {Penelitian tindakan kelas ini memfokuskan masalah pada keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Jumoyo 4 tergolong rendah. Adapun tujuan penelitian ini untuk: 1) meningkatkan proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman melalui metode PQ4R, dan 2) meningkatkan hasil keterampilan membaca pemahaman melalui metode PQ4R siswa kelas IV SD Negeri Jumoyo 4. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Jumoyo 4 yang berjumlah 26 siswa dengan perincian 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Desain penelitian yang digunakan adalah model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi, dengan instrumen berupa soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode PQ4R dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa. Peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan dengan pembelajaran membaca pemahaman yang semakin baik. Siswa dapat menguasai lima aspek keterampilan membaca pemahaman dengan maksimal dan siswa lebih aktif serta antusias mengikuti pembelajaran menggunakan metode PQ4R. Peningkatan hasil keterampilan membaca pemahaman menggunakan metode PQ4R ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa, pada pratindakan memperoleh nilai rata-rata sebesar 65,51, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 70,52, dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 81,73. Selain itu, persentase jumlah siswa yang mencapai indikator keberhasilan pada pratindakan sebesar 26,92\%, pada siklus I sebesar 57,69\%, dan pada siklus II sebesar 100\%. Berdasarkan peningkatan proses pembelajaran dan hasil keterampilan membaca pemahaman dapat diketahui keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Jumoyo 4 sudah tinggi. Kata kunci: Metode PQ4R, Keterampilan Membaca Pemahaman} }