TY - THES M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Krapyak 1, Sleman tahun ajaran 2018/2019 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Krapyak 1 yang berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara, soal tes dan lembar observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Krapyak 1. Berdasarkan tes pada siklus I, nilai rata-rata meningkat dari 63 menjadi 64,14 dengan ketuntasan belajar juga meningkat dari 41% menjadi 65%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan, diperoleh nilai rata-rata 72,24 dengan ketuntasan belajar juga meningkat dari 65% menjadi 83%. Kata kunci: prestasi belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe TGT UR - http://eprints.uny.ac.id/64634/ Y1 - 2019/07/18/ ID - UNY64634 AV - restricted TI - UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KRAPYAK 1 PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Sulistyowati, Novi Tri ER -