relation: http://eprints.uny.ac.id/64599/ title: PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE MEMBACA TERBIMBING PADA SISWA KELAS I SD NEGERI BACIRO YOGYAKARTA creator: Iswardhani, RR. Aprivia Kapitania subject: Bahasa dan Sastra Indonesia subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar description: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca permulaan, dan 2) meningkatkan hasil keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri Baciro tahun ajaran 2018/2019. Keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Baciro ditingkatkan melalui metode membaca terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri Baciro Yogyakarta yang berjumlah 21 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes unjuk kerja dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode membaca terbimbing dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca permulaan, dan 2) penerapan metode membaca terbimbing dapat meningkatkan hasil keterampilan membaca permulaan siswa. Peningkatan proses dapat dilihat dari hasil observasi yang tercatat dalam catatan lapangan selama tindakan, yaitu keaktifan dan fokus siswa meningkat ketika mengikuti pembelajaran. Peningkatan hasil dapat dilihat dari pencapaian nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata membaca permulaan pada pratindakan sebesar 62,52 menjadi 66,17 pada siklus I, dan meningkat menjadi 75,71 pada siklus II. Tingkat pencapaian ketuntasan siswa dalam membaca permulaan pada pratindakan sebesai 19,05% meningkat 47,62% pada siklus I, kemudian mencapai 95,24% pada siklus II. Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, metode membaca terbimbing date: 2019-07-18 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/64599/1/Alviadesti%20Fitriana.pdf identifier: Iswardhani, RR. Aprivia Kapitania (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE MEMBACA TERBIMBING PADA SISWA KELAS I SD NEGERI BACIRO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.