TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Fitriana, Alviadesti Y1 - 2019/07/16/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui buku cetak berwarna pada siswa kelas V di SD Negeri Gadingan Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Desain penelitian menggunakan Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisi data menggunakan kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku cetak berwarna dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai rata-rata pada siklus pertama yang mencapai 63,33% (19 siswa ? KKM) dan 90% (27 siswa ? KKM) pada siklus kedua. Kata Kunci: hasil belajar IPS, buku cetak berwarna UR - http://eprints.uny.ac.id/64596/ ID - UNY64596 M1 - skripsi TI - UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN BUKU CETAK BERWARNA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI GADINGAN KULON PROGO AV - restricted ER -