TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/64593/ AV - restricted TI - MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NOGOTIRTO SLEMAN YOGYAKARTA M1 - skripsi ID - UNY64593 PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Hikmawati, Erlinda N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi gaya dan gerak melalui model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas IV SD N Nogotirto Gamping Sleman tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Nogotirto sebanyak 30 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang berisi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, skala motivasi untuk mengukur motivasi belajar IPA dan soal tes untuk mengukur hasil belajar IPA. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar IPA materi gaya dan gerak. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA saat kondisi awal termasuk dalam kategori sedang yaitu rata-rata 53,06 dan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada siklus I rata-rata skor motivasi belajar IPA siswa mencapai angka 64,60 terjadinya peningkatan sebesar 11,54% termasuk dalam kategori tinggi dan setelah dilakukan perbaikan pada setiap indikator yang diselipkan pada setiap langkah TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi dan Rayakan) rata-rata skor motivasi belajar IPA siswa pada siklus II mencapai angka 71,06 termasuk kategori sangat tinggi. Kata kunci : Motivasi belajar IPA, model Quantum Teaching Y1 - 2019/07/16/ ER -