TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Kebonagung Kecamatan Minggir dengan menggunakan Metode pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini menggunakan Metode Kemmis dan Mc Taggart yang berlangsung dalam dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket. Validitas instrument pada penelitian ini menggunakan pendapat ahli (expert judgement). Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar siswa kelas V SD N Kebonagung. Motivasi belajar siswa dapat meningkat melalui berbagai proses. 1) Guru membagi siswa yang beranggotakan 6 orang, untuk melakukan percobaan. 2) Guru memberikan reward kepada siswa yang aktif bertanya. 3) Guru membimbing siswa dengan cara memberi pancingan kepada siswa. Hal ini untuk melatih siswa agar tidak mudah putus asa dalam menyelasaikan tugas yang materinya susah dimengerti. Untuk lebih meningkatkan motivasi belajar siswa, setiap kelompok diminta untuk menjawab pertanyaan dari guru mengenai apa saja yang sudah dipelajari. Peningkatan motivasi belajar siswa dilihat dari hasil observasi dan angket. Hasil observasi pada siklus I sebesar 74,72 % dan pada siklus II meningkat menjadi 85,05%. Hasil angket pada siklus I 74,82% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,66%. Kata kunci: motivasi belajar siswa, Discovery Learning Y1 - 2019/07/16/ A1 - Andriani, Evi Fitri PB - Fakultas Ilmu Pendidikan M1 - skripsi ID - UNY64589 TI - PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS V SD N KEBONAGUNG MINGGIR SLEMAN AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/64589/ ER -