@phdthesis{UNY64587, title = {UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 WATES KULON PROGO}, author = {Hariadi Hariadi}, month = {July}, year = {2019}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/64587/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Wates dengan menggunakan model inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain PTK menggunakan Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan proses siswa, lembar observasi guru (keterlaksanaan pembelajaran) model inkuiri terbimbing. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 5 Wates yang berjumlah 30 siswa. Kriteria keberhasilan keterampilan proses adalah rerata keterampilan proses siswa mendapat skor ?76. Hasil penelitian menunjukkan persentase keterampilan proses meningkat dari pra siklus ke siklus I yaitu dari 41,66\% menjadi 57,25\%. Keterampilan proses pada siklus II meningkat menjadi 87,50\%. Persentase keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing pada siklus I yaitu 75\% dan pada siklus II yaitu 87,5\%. Peningkatan pada siklus II tersebut karena adanya perbaikan dari kekurangan di siklus I. Perbaikan tersebut berupa perbaikan pada lembar kerja, memberikan teguran lebih tegas dengan memberikan pertanyaan agar perhatian siswa maksimal, dan guru lebih intensif membimbing setiap langkah percobaan yang dilakukan siswa. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses. Tahapan model pembelajaran inkuiri terbimbing diantaranya (1) penyajian masalah, (2) membuat hipotesis, (3) melakukan percobaan, (4) menganalisis data, (5) membuat kesimpulan. Kata kunci: keterampilan proses, model inkuiri terbimbing, IPA} }