%0 Thesis %9 S1 %A Utomo, Raden Adji Suryo %B PGSD %D 2019 %F UNY:64584 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN ENGKLEK GAYA (EKYA) DALAM PEMBELAJARAN PPKN SISWA KELAS V DI SD NEGERI KOTAGEDE 5 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/64584/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran engklek gaya (EKYA) dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan materi hak dan kewajiban pada siswa kelas V. Tempat penelitian adalah Sekolah Dasar (SD) Negeri Kotagede 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model Robert Maribe Branch (2009). Penelitian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kotagede 5 Yogyakarta yang terdiri dari 1 siswa sebagai subyek uji coba perseorangan, 9 siswa sebagai subyek uji coba kelompok kecil, dan 17 siswa sebagai subyek uji lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran EKYA yang dikembangkan dapat dikategorikan layak. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi dari ahli materi yang termasuk dalam kriteria sangat baik (3,5). Hasil validasi dari ahli media yang termasuk dalam kriteria sangat baik (3,81). Hasil uji coba perseorangan yang termasuk dalam kriteria sangat baik (3,35). Hasil uji coba kelompok kecil yang termasuk dalam kriteria baik (2,5). Hasil uji uji lapangan yang termasuk dalam kriteria sangat baik (3,22). Kata kunci: kelayakan media, EKYA, hak dan kewajiban