%0 Thesis %9 S1 %A Fadlilah, Bhaswika Amirotul %B PGSD %D 2019 %F UNY:64580 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS IV SD N GOLO YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/64580/ %X Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan minat belajar IPA dengan menerapkan media diorama pada siswa kelas IV SD N Golo Yogyakarta. Minat belajar IPA siswa dapat terlihat dari: (1) ketertarikan terhadap mata pelajaran IPA, (2) perhatian yang lebih terhadap mata pelajaran IPA, dan (3) memiliki dan mengungkapkan rasa keingintahuan terhadap mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Golo Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB berjumlah 27 siswa. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Mac Taggart dengan pelaksanaan kolaborasi guru kelas. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yang setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Validitas instrument dilakukan melalui expert judgement dan uji coba. Teknik analisis data menggunakan data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan media diorama dapat meningkatkan minat belajar IPA siswa. Hasil pengamatan pada siklus I menunjukkan bahwa 66,66% siswa mencapai minat belajar IPA pada kategori baik. Sedangkan, hasil angket menunjukkan 69,23% siswa mencapai minat belajar IPA pada kategori baik. Penerapan media diorama dilakukan perbaikan tindakan pada siklus II berupa memodifikasi umpan pertanyaan dan cara penggunaan media diorama sehingga siswa menunjukkan minat belajar IPA dengan menerapkan media diorama. Hasil pengamatan pada siklus II menunjukkan bahwa 88,88% siswa mencapai minat belajar IPA pada kategori baik. Sedangkan, hasil angket menunjukkan 84,62% siswa mencapai minat belajar IPA pada kategori baik. kata kunci : media diorama, minat belajar IPA