%0 Thesis %9 S1 %A Siwi, Anisa Prima %B PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI %D 2012 %F UNY:6458 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %T PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI PERMAINAN KLIPING GAMBAR DI TK ABA SURONANDAN SENDANGREJO MINGGIR SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/6458/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui permainan kliping gambar di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Suronandan Sendangrejo Minggir Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Model penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Mc. Taggart dengan menggunakan siklus spiral. Subjek penelitian ini adalah anak TK ABA Suronandan, sejumlah 22 anak. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes berbicara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Peningkatan keterampilan berbicara dikatakan berhasil apabila 80% dari 22 jumlah anak telah mencapai indikator keterampilan berbicara pada kriteria baik dengan hasil nilai rata-rata mencapai ≥7,50. Pembelajaran melalui permainan kliping gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak di TK ABA Suronandan. Peningkatan keterampilan berbicara pada siklus I sebesar 1,71 dari kondisi awal 6,45 meningkat menjadi 8,16. Peningkatan keterampilan berbicara pada siklus II sebesar 3,00 dari kondisi awal 6,45 meningkat menjadi 9,45. Kata kunci: keterampilan berbicara, permainan kliping gambar