%A Cahyo Adi Pahlawan %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri sosial pada siswa kelas VA SD N Sawit Sewon, Bantul tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus meliputi 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD N Sawit yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal, lembar observasi guru dan siswa serta catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analasis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPS. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan meningkatnya persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada muatan IPS. Pada pra siklus= 6 siswa tuntas (30%), belum tuntas= 14 siswa (70%) dengan rata-rata 59,50. Pada siklus I= 11 siswa tuntas (55%), belum tuntas= 9 siswa (45%) dengan rata-rata 75,33. Pada siklus II=17 siswa tuntas (85%), belum tuntas= 3 siswa (15%) dengan rata-rata 87,67. Persentase observasi guru pada pembelajaran menggunakan model inkuiri sosial pada siklus I yaitu 84,65% (Tinggi) dan meningkat pada siklus II menjadi 95,97% (Sangat Tinggi). Persentase observasi siswa menggunakan inkuiri sosial pada siklus I yaitu 73,05% (Sedang) dan meningkat pada siklus II menjadi 83,47% (Tinggi). Kata Kunci: Inkuiri, Model Inkuiri sosial, Hasil belajar IPS %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI SOSIAL PADA SISWA KELAS VA SD N SAWIT SEWON BANTUL %D 2019 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %L UNY64577