@phdthesis{UNY6457, month = {September}, author = {Ari Prasasti}, title = {PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE SHOW AND TELL PADA ANAK TK KELOMPOK B DI TK ABA KASIHAN}, school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, year = {2012}, url = {http://eprints.uny.ac.id/6457/}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui metode show and tell di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Kasihan. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelompok B TK ABA Kasihan yang berjumlah 24 anak, yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 petemuan. Metode pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara anak dapat meningkat setelah adanya tindakan, sehingga anak dapat membuat kalimat sederhana dalam bahasa lisan dengan struktur lengkap. Selain itu anak dapat menyampaikan maksud (ide, pikiran, gagasan, dan perasaan) dengan lancar dan jelas Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan ketuntasan keterampilan berbicara sebesar 29,1\% yaitu masih berada pada kriteria tidak baik. Pada siklus I meningkat menjadi 66,7\% yaitu berada pada kriteria cukup dan pada siklus II mencapai 87,5\% yaitu sudah mencapai kriteria baik. Pada siklus II keterampilan berbicara telah mencapai indikator keberhasilan, yaitu 87,5\% dari 24 anak telah mencapai indikator keberhasilan berbicara pada kriteria baik. Dengan demikian, melalui metode show and tell keterampilan berbicara dapat meningkat. Kata kunci : Keterampilan berbicara, metode show and tell, anak usia 5-6 tahun } }