%L UNY6456 %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata benda melalui permainan ular tangga pada anak kelompok B di TK Pertiwi Tamanagung Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pertiwi Tamanagung Muntilan. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan kosakata pada anak kelompok B TK Pertiwi Tamanagung Muntilan. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari data hasil observasi peningkatan kosakata tentang menyebutkan kata benda yaitu pada kondisi awal sebelum tindakan yang mencapai skor 3 dengan kriteria 10-12 kata sebesar 10,53% atau 2 anak dari seluruh jumlah anak dengan rata-rata sebesar 4,84. Pada siklus I, data hasil observasi dengan skor 3 kriteria 10-12 kata menunjukkan pencapaian sebesar 56,63% atau 10 anak dari seluruh jumlah anak dengan rata-rata sebesar 8,63. Pada siklus II, yang mendapat skor 3 dengan kriteria 10-12 kata terjadi peningkatan yaitu sebesar 84,21% dari seluruh jumlah anak atau sekitar 16 anak dari 19 anak dengan rata-rata sebesar 9,84. Kata kunci: kosakata benda, permainan ular tangga %A Arista Wahyu Anggraini %T PENINGKATAN KOSAKATA BENDA MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PERTIWI TAMANAGUNG MUNTILAN %D 2012 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA