%A Surya Yulianta %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar psikomotor guling belakang peserta didik melalui metode bermain kelas IV SD N Rejosari 3, Semin, Gunungkidul Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dua kali siklus. Setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta kelas IV SD N Rejosari 3, Semin, Gunungkidul Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes hasil belajar psikomotor, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain pada pembelajaran guling belakang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar psikomotor peserta didik kelas IV SD N Rejosari 3. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan keaktifan peserta didik, pada siklus I rata-rata presentase keaktifan belajar peserta didik yaitu 71,75%. Pada siklus II presentase keaktifan belajar peserta didik yaitu 89,47%. Metode bermain juga dapat meningkatkan hasil belajar psikomotor guling belakang peserta didik, nilai rata-rata pada siklus I yaitu 71,11 meningkat pada siklus II menjadi 87,43. %K Keaktifan, hasil belajar psikomotor, guling belakang, metode bermain %L UNY64539 %D 2019 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %T UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR GULING BELAKANG PESERTA DIDIK MELALUI METODE BERMAIN PADA KELAS IV SD N REJOSARI 3 SEMIN GUNUNGKIDUL