%0 Thesis %9 S1 %A Widiyastuti, Megafiestiana %B Fakultas Teknik %D 2019 %F UNY:64522 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K media pembelajaran, modul, hasil belajar, mekanika teknik %T PENERAPAN SUMBER BELAJAR MODUL MEKANIKA TEKNIK TERHADAP PEMAHAMAN MATERI SISWA KELAS X DI SMKN 1 SEDAYU %U http://eprints.uny.ac.id/64522/ %X Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) prestasi siswa kelompok eksperimen (X TPC) dan kelompok kontrol (X TPA) sebelum diberi perlakuan pembelajaran; (2) prestasi siswa kelompok kontrol (X TPA) pada mata pelajaran Mekanika Teknik dasar setelah diberi perlakuan pembelajaran secara konvensional; (3) prestasi siswa kelompok eksperimen (X TPC) pada mata pelajaran pengukuran dasar setelah diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran modul Mekanika Teknik pada mata pelajaran besaran, sistem satuan, gaya, dan momen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest, non-equivalent control group design dengan sampel dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa tes objektif yang diberikan sebelum pembelajaran dan sesudah pembelajaran. Populasi penelitian siswa X Jurusan Teknik Pengelasan di SMKN 1 Sedayu. Uji analisis karena syarat data normal dan homogen maka digunakan statistik parametris dengan uji t-test Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa antara kelompok kontrol dan eksperimen sebelum diberi perlakuan pembelajaran untuk kelompok eksperimen menggunakan media pembelajaran modul Mekanika Teknik pada mata pelajaran besaran, sistem satuan, gaya, dan momen dan kelompok kontrol tidak menggunakan media pembelajaran; (2) Terdapat peningkatan prestasi belajar pada siswa kelompok kontrol yang diajar tanpa media atau pembelajaran konvensional, dengan perolehan nilai rata-rata posttest jauh lebih besar daripada nilai rata-rata pretest. Dengan melalui uji t-test dengan taraf kesalahan 5%, hasilnya harga t-hitung lebih besar dari t-tabel; (3) Terdapat peningkatan prestasi yang signifikan pada siswa kelompok eksperimen sesudah diberi perlakuan pembelajaran menggunakan media pembelajaran modul Mekanika Teknik pada mata pelajaran besaran, sistem satuan, gaya, dan momen, dengan nilai rata-rata posttest jauh lebih besar daripada nilai rata-rata pretest. Dengan melalui uji t-test dengan taraf kesalahan 5%, hasilnya harga t-hitung lebih besar dari harga t-tabel.