eprintid: 6452 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 1191 dir: disk0/00/00/64/52 datestamp: 2012-10-03 00:30:09 lastmod: 2019-01-29 16:47:39 status_changed: 2012-10-03 00:30:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sari Wahyuningsih, Sari Wahyuningsih creators_id: sariwahyuningsih@gmail.com title: HUBUNGAN ANTARA KECAKAPAN SOSIAL DENGAN STRATEGI COPING BERFOKUS MASALAH PADA SISWA SMAN 2 WONOSARI ispublished: pub subjects: D11 divisions: fip_ppb divisions: ppb full_text_status: public abstract: HUBUNGAN ANTARA KECAKAPAN SOSIAL DENGAN STRATEGI COPING BERFOKUS MASALAH PADA SISWA SMAN 2 WONOSARI Oleh Sari Wahyuningsih NIM 08104241030 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecakapan sosial dengan strategi coping berfokus masalah pada siswa kelas XI SMAN 2 Wonosari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasinya yaitu siswa kelas XI SMAN 2 Wonosari sebanyak 189 siswa. Sampel yang diambil sejumlah 47 siswa, pengambilan sampel dengan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan metode angket yang berbentuk instrumen skala likert. Instrumen yang digunakan berupa Skala Kecakapan Sosial dan Skala Strategi Coping Berfokus Masalah. Skor validitas skala kecakapan sosial bergerak dari angka 0,376 sampai dengan 0,704, sedangkan skor validitas skala strategi coping berfokus masalah bergerak dari angka 0,422 sampai dengan 0,740. Nilai koefisien reliabilitas alpha ( ) pada skala kecakapan sosial sebesar 0,918 sedangkan pada skala strategi coping berfokus masalah sebesar 0,938. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis product moment. Hasil analisis korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,848 dengan signifikansi sebesar 0,000 (sig<0,01) yang berarti terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara kecakapan sosial dengan strategi coping berfokus masalah pada siswa kelas XI SMAN 2 Wonosari. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi kecakapan sosial pada siswa kelas XI SMAN 2 Wonosari akan semakin tinggi pula strategi coping berfokus masalahnya, dan sebaliknya semakin rendah kecakapan sosial pada siswa kelas XI SMAN 2 Wonosari akan semakin rendah pula strategi coping berfokus masalahnya. Koefisisen determinasi yang diperoleh adalah 71,9% yang berarti sumbangan variabel kecakapan sosial terhadap strategi coping berfokus masalah sebesar 71,9%. Kata kunci: kecakapan sosial, strategi coping berfokus masalah date: 2012-10-02 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY department: Psikologi Pendidikan dan Bimbingan thesis_type: skripsi citation: Sari Wahyuningsih, Sari Wahyuningsih (2012) HUBUNGAN ANTARA KECAKAPAN SOSIAL DENGAN STRATEGI COPING BERFOKUS MASALAH PADA SISWA SMAN 2 WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/6452/1/ABSTRAK.pdf