%0 Thesis %9 S1 %A Bramantio, Galang %A Guntur, %B Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi %D 2019 %F UNY:64361 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K Evaluasi, Kualitas Butir Soal, SMA Negeri 7 Purworejo, Kabupaten Purwore %T ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN PENJASORKES KELAS XI SMA N 7 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019 %U http://eprints.uny.ac.id/64361/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Penjasorkes kelas XI SMA Negeri 7 Purworejo Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 7 Purworejo, Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2018/ 2019. Pengambilan sampel penelitian ini adalah sample random sampling. Seluruh sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini berjumlah 70 peserta didik. Data diperoleh melalui metode dokumentasi yaitu: kisi-kisi soal,soal ujian, kunci jawaban, dan lembar jawab peserta didik. Selanjutnya data tersebut diinput dan diolah menggunakan program Anates versi 4.09. untuk mengetahui kualitas butir soal berdasarkan tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Hasil analisis kualitas butir soal menunjukkan bahwa soal penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran penjasorkes dari 40 butir soal pilihan ganda, ditinjau dari (1) segi tingkat kesukaran soal menunjukkan sebanyak 8 soal (20%) dalam kategori sukar, 12 soal (30 %) dalam kategori sedang, dan 20 soal (50 %) dalam kategori mudah. (2) Ditinjau dari kategori daya pembeda didapat 3 butir soal (7,5%) berkategori sangat jelek, 20 butir soal (50%) berkategori jelek, 14 butir soal (35%) berkategori cukup, dan 3 butir soal (7,5%) berkategori baik. (3) Ditinjau dari segi efektivitas pengecoh/distractor terdapat 17 butir soal (42,5%) soal dalam kategori sangat baik, 11 butir soal (27,5%) soal dalam kategori baik, 7 butir soal (17,5%) dalam kategori cukup baik, 4 butir soal (10%) dalam kategori kurang baik dan 1 butir soal (2,5%) dalam kategori tidak baik.