%0 Thesis %9 S1 %A Rana, Ikhsania Okta %B Fakultas Teknik %D 2019 %F UNY:64327 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K pengembangan media interaktif, sulam pita %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK SULAM PITA PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN HIASAN BUSANA DI SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/64327/ %X Tujuan penelitan ini adalah untuk: 1) Untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash untuk sulam pita pada mata pelajaran pembuatan hiasan yang menarik dan sesuai di SMK Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta. 2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash untuk sulam pita pada mata pelajaran pembuatan hiasan agar layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan model pengembangan dari Brog & Gall yang disederhanakan oleh Puslitjaknov (2008) yang meliputi lima langkah utama. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta yang berjumlah 6 siswa pada uji coba skala kecil dan 25 siswa pada uji coba skala besar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. validitas instrumen dengan pertimbangan tiga ahli (experts judgment) dan koefisien reliabilitas dilakukan menggunakan Alfa Cronbach . Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah: 1) produk media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash untuk sulam pita dilakukan melalui lima tahap yaitu a) analisis kebutuhan. b) mengembangkan produk awal. c) validasi ahli dan revisi. d) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk e) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. 2) Hasil presentase kelayakan oleh ahli materi dan media yang diperoleh adalah 100% yang termasuk dalam kategori “sangat layak, kemudian penilaian uji coba lapangan skala kecil yang diperoleh berdasarkan hasil uji coba kepada 6 siswa memperoleh presentase 85% yang termasuk dalam kategori “sangat layak”, untuk penillaian uji coba lapangan skala besar yang diperoleh berdasarkan hasil uji coba besar pada 25 siswa memperoleh presentase 93% yang termasuk dalam kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil uji kelayakan dari siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash untuk sulam pita pada mata pelajaran pembuatan hiasan di SMK Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran.