<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Penemuan\r\nTerbimbing Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis dan Keterampilan Kolaboratif Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII."^^ . "Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan\r\npembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing ditinjau dari pemahaman\r\nkonsep matematis dan keterampilan kolaboratif siswa pada materi bangun ruang\r\nsisi datar kelas VIII, dan mengetahui mana yang lebih efektif di antara\r\npembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing dan pembelajaran dengan\r\npendekatan saintifik ditinjau dari pemahaman konsep matematis dan keterampilan\r\nkolaboratif siswa.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang populasinya\r\nmencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Unggulan Aisyiyah Bantul. Kelas VIII\r\nHafshah dan VIII Hawa dipilih sebagai sampel. Kelas VIII Hawa sebagai kelas\r\neksperimen diberikan pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing.\r\nKelas VIII Hafshah sebagai kelas kontrol diberikan pembelajaran dengan\r\npendekatan saintifik. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran\r\n2017/2018 dari bulan Maret dampai dengan April 2018. Pengumpulan data\r\ndilakukan melalui tes dan angket. Pengukuran perbedaan keadaan siswa sebelum\r\nperlakuan menggunakan independent sample t-test. Pengukuran perbedaan\r\nkeadaan siswa setelah perlakuan menggunakan MANOVA. Pengukuran\r\nefektivitas pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing dan\r\npendekatan saintifik menggunakan one sample t-test.\r\nHasil penelitian pada taraf signifikansi 5%, menunjukkan bahwa\r\npembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing dan pendekatan saintifik\r\nefektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis dan keterampilan\r\nkolaboratif siswa. Pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing lebih\r\nefektif daripada pembelajaran dengan pendekatan saintifik ditinjau dari\r\nkemampuan pemahaman konsep matematis dan keterampilan kolaboratif siswa.\r\nHal ini disebabkan adanya pengaruh kuat dalam langkah merumuskan hipotesis\r\ndan menguji hipotesis dalam meningkatkan keterampilan kolaboratif dan\r\nkemampuan pemahaman konsep matematis."^^ . "2019-01-24" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Syahlan"^^ . "Romadon"^^ . "Syahlan Romadon"^^ . . . . . . "Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Penemuan\r\nTerbimbing Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis dan Keterampilan Kolaboratif Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. (Text)"^^ . . . "tesis-syahlan romadon-16709251047.swf"^^ . . "HTML Summary of #64322 \n\nEfektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Penemuan \nTerbimbing Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis dan Keterampilan Kolaboratif Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII.\n\n" . "text/html" . . . "Matematika"@en . .