@phdthesis{UNY64322, month = {January}, author = {Syahlan Romadon}, title = {Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis dan Keterampilan Kolaboratif Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII.}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2019}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing ditinjau dari pemahaman konsep matematis dan keterampilan kolaboratif siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII, dan mengetahui mana yang lebih efektif di antara pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing dan pembelajaran dengan pendekatan saintifik ditinjau dari pemahaman konsep matematis dan keterampilan kolaboratif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang populasinya mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Unggulan Aisyiyah Bantul. Kelas VIII Hafshah dan VIII Hawa dipilih sebagai sampel. Kelas VIII Hawa sebagai kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing. Kelas VIII Hafshah sebagai kelas kontrol diberikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dari bulan Maret dampai dengan April 2018. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket. Pengukuran perbedaan keadaan siswa sebelum perlakuan menggunakan independent sample t-test. Pengukuran perbedaan keadaan siswa setelah perlakuan menggunakan MANOVA. Pengukuran efektivitas pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing dan pendekatan saintifik menggunakan one sample t-test. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5\%, menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing dan pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis dan keterampilan kolaboratif siswa. Pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing lebih efektif daripada pembelajaran dengan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis dan keterampilan kolaboratif siswa. Hal ini disebabkan adanya pengaruh kuat dalam langkah merumuskan hipotesis dan menguji hipotesis dalam meningkatkan keterampilan kolaboratif dan kemampuan pemahaman konsep matematis.}, keywords = {pendekatan penemuan terbimbing, pemahaman konsep matematis, keterampilan kolaboratif siswa}, url = {http://eprints.uny.ac.id/64322/} }