TY - THES TI - Penggunaan Authentic Materials dan Created Materials Berbasis Cooperative Script Dalam Pembelajaran Membaca. A1 - Yasini, Adam Bashori A1 - Suryaman, Maman KW - authentic materials KW - created materials KW - cooperative script KW - pembelajaran membaca. PB - Program Pascasarjana Y1 - 2019/02/11/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah terdapan perbedaan keefektifan antara penggunaan authentic materials, created materials, dan konvensional dalam kemampuan membaca siswa (2) apakah penggunaan authentic materials lebih efektif daripada materi konvensional dalam kemampuan membaca siswa (3) apakah penggunaan created materials lebih efektif daripada materi konvensional dalam kemampuan membaca siswa (4) apakah penggunaan authentic materials lebih efektif daripada created materials dalam kemampuan membaca siswa (5) materi manakah yang lebih efektif anatara authentic materials, created materials dan konvensional dalam kemampuan membaca siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment yang terdiri dari dua grup eksperimen dan satu grup kontrol. Sampel penelitian ini terdiri dari tiga kelas dari siswa kelas VIII SMPN 9 Yogyakarta. Variabel dalam penelitian ini adalah authentic materials dan created materials sebagai variabel bebas dan kemampuan membaca sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan post-test. Analisis data menggunkan ANOVA satu jalur yang dilanjutkan dengan uji Scheffe menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan authentic materials, created materials,dan materi konvensioanl dalam kemampuan membaca siswa, dengan nilai F sebesar 76,351 dan nilai sig. sebesar 0,00 atau sig. < 0,05. (2) penggunaan authentic materials lebih efektif daripada materi konvensional dalam kemampuan membaca siswa, dengan mean difference sebesar 19,140 dan nilai sig. sebesar 0,00 atau sig. < 0,05. (3) penggunaan created materials lebih efektif daripada materi konvensional dalam kemampuan membaca siswa, dengan mean difference sebesar 16,960 dan nilai sig. sebesar 0,00 atau sig. < 0,05. (4) penggunaan authentic materials lebih efektif daripada created materials dalam kemampuan membaca siswa, dengan mean difference sebesar 2,180 dan nilai sig. sebesar 0,00 atau sig. < 0,05. (5) materi yang paling efektif dalam kemampuan membaca siswa adalah authentic materials yang ditunjukkan oleh mean difference yang diuji dengan uji Scheffee dan itu menunjukkan hasil yang positif. M1 - tesis AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/64314/ ID - UNY64314 ER -