TY - THES TI - EVALUASI PEMBELAJARAN SISTEM BLOK PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKN 1 MAGELANG AV - public KW - evaluasi discrepancy KW - sistem blok KW - jurusan TITL ID - UNY64304 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/64304/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran pembelajaran sistem blok. (2) pola pembelajaran sistem blok dan (3) Prestasi belajar siswa menggunakan sistem blok pada kompetensi keahlian TITL SMKN 1 Magelang. Penelitian menggunakan model evaluasi discrepancy (kesenjangan). Obyek evaluasi ini adalah pelaksanaan sistem blok di kompetensi keahlian TITL SMKN 1 Magelang. Responden terdiri dari siswa kompetensi keahlian TITL. ,Ketua Kompetensi Keahlian TITL, Guru produktif, dan dokumen-dokumen mengenai pelaksanaan sistem blok di SMKN 1 Magelang. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk observasi dan angket menggunakan kecenderungan data, adapun untuk wawancara dan dokumentasi menggunakan model Miles & Hubberman. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pembelajaran sistem blok di kompetensi keahlian TITL, yakni: (1) Peran pembelajaran sistem blok ditinjau dari aspek pendidik tenaga pendidik dan sarana prasarana sudah terlaksana dengan baik menunjukkan kategori sangat baik (50%) dan Baik (50%); (2) Pola pembelajaran sistem blok ditinjau dari proses pembelajaran terbagi menjadi 3 proses yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian, ketiganya sudah terlaksana dengan sangat baik (50%) . (3) Prestasi belajar siswa ditinjau dari aspek penilaian menyatakan bahwa nilai praktik siswa berada pada range 80-100 dan tingkat kehadiran 100% ketika kegiatan pembelajaran berjumlah 75 orang dari total jumlah responden. Y1 - 2019/06/17/ A1 - Nugroho, Yudhistira Rifqi PB - Universitas Negeri Yogyakarta ER -