@phdthesis{UNY64304, year = {2019}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {EVALUASI PEMBELAJARAN SISTEM BLOK PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKN 1 MAGELANG}, author = {Yudhistira Rifqi Nugroho}, month = {June}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran pembelajaran sistem blok. (2) pola pembelajaran sistem blok dan (3) Prestasi belajar siswa menggunakan sistem blok pada kompetensi keahlian TITL SMKN 1 Magelang. Penelitian menggunakan model evaluasi discrepancy (kesenjangan). Obyek evaluasi ini adalah pelaksanaan sistem blok di kompetensi keahlian TITL SMKN 1 Magelang. Responden terdiri dari siswa kompetensi keahlian TITL. ,Ketua Kompetensi Keahlian TITL, Guru produktif, dan dokumen-dokumen mengenai pelaksanaan sistem blok di SMKN 1 Magelang. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk observasi dan angket menggunakan kecenderungan data, adapun untuk wawancara dan dokumentasi menggunakan model Miles \& Hubberman. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pembelajaran sistem blok di kompetensi keahlian TITL, yakni: (1) Peran pembelajaran sistem blok ditinjau dari aspek pendidik tenaga pendidik dan sarana prasarana sudah terlaksana dengan baik menunjukkan kategori sangat baik (50\%) dan Baik (50\%); (2) Pola pembelajaran sistem blok ditinjau dari proses pembelajaran terbagi menjadi 3 proses yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian, ketiganya sudah terlaksana dengan sangat baik (50\%) . (3) Prestasi belajar siswa ditinjau dari aspek penilaian menyatakan bahwa nilai praktik siswa berada pada range 80-100 dan tingkat kehadiran 100\% ketika kegiatan pembelajaran berjumlah 75 orang dari total jumlah responden.}, keywords = {evaluasi discrepancy, sistem blok, jurusan TITL}, url = {http://eprints.uny.ac.id/64304/} }