%0 Thesis
%9 S1
%A Pratiwi, Dyah Ayu
%B Fakutas Teknik UNY
%D 2019
%F UNY:64293
%I Universitas Negeri Yogyakarta
%K Pembelajaran, Teaching factory, SMK
%T ANALISIS KELAYAKAN PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DITINJAU DARI FUNGSI MANAJEMEN DI SMK N 1 MAGELANG
%U http://eprints.uny.ac.id/64293/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengelolaan pada  aspek sarana dan prasarana, aspek hubungan kerjasama antara SMK dengan  DUDI, aspek pengelolaan pembiayaan, aspek pembelajaran,dan mengetahui  kelayakan pembelajaran teaching factory secara umum pada program keahlian  Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) dan program keahlian Teknik  Elektronika Industri (ELIND) di SMK N 1 Magelang.  Penelitian ini berupa penelitian evaluasi dengan menggunakan model  discrepancy (kesenjangan). Responden terdiri atas pengelola teaching factory,  guru/instruktur, dan siswa kelas XI yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran  teaching factory. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan  angket. Teknik analisis data dilaksanakan dengan metode kombinasi dengan  menggunakan desain sekuensial eksplanatori.  Hasil Penelitian dapat diketahui bahwa pengelolaan pembelajaran teaching  factory program keahlian TPTU dan ELIND di SMK N 1 Magelang, yakni: (1)  pengelolaan aspek sarana prasarana dinyatakan “Layak”; (2) pengelolaan pada  aspek kerjasama antara SMK dengan DU/DI, dinyatakan “Layak”; (3)  pengelolaan pembiayaan secara umum, sekolah memiliki hak otonomi untuk  mengelola anggaran teaching factory, sesuai perencanaan yang disepakati; (4)  manajemen pada aspek pembelajaran menurut guru dan siswa dinyatakan “Layak  degan syarat”, dan (5) kelayakan pembelajaran teaching factory ditinjau dengan  menggunakan fungsi manajemen secara umum, dinyatakan “Layak”.