@phdthesis{UNY64293,
           month = {May},
            year = {2019},
          author = {Dyah Ayu Pratiwi},
           title = {ANALISIS KELAYAKAN PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DITINJAU DARI FUNGSI MANAJEMEN DI SMK N 1 MAGELANG},
          school = {Universitas Negeri Yogyakarta},
        keywords = {Pembelajaran, Teaching factory, SMK},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengelolaan pada
aspek sarana dan prasarana, aspek hubungan kerjasama antara SMK dengan
DUDI, aspek pengelolaan pembiayaan, aspek pembelajaran,dan mengetahui
kelayakan pembelajaran teaching factory secara umum pada program keahlian
Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) dan program keahlian Teknik
Elektronika Industri (ELIND) di SMK N 1 Magelang.
Penelitian ini berupa penelitian evaluasi dengan menggunakan model
discrepancy (kesenjangan). Responden terdiri atas pengelola teaching factory,
guru/instruktur, dan siswa kelas XI yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran
teaching factory. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan
angket. Teknik analisis data dilaksanakan dengan metode kombinasi dengan
menggunakan desain sekuensial eksplanatori.
Hasil Penelitian dapat diketahui bahwa pengelolaan pembelajaran teaching
factory program keahlian TPTU dan ELIND di SMK N 1 Magelang, yakni: (1)
pengelolaan aspek sarana prasarana dinyatakan ?Layak?; (2) pengelolaan pada
aspek kerjasama antara SMK dengan DU/DI, dinyatakan ?Layak?; (3)
pengelolaan pembiayaan secara umum, sekolah memiliki hak otonomi untuk
mengelola anggaran teaching factory, sesuai perencanaan yang disepakati; (4)
manajemen pada aspek pembelajaran menurut guru dan siswa dinyatakan ?Layak
degan syarat?, dan (5) kelayakan pembelajaran teaching factory ditinjau dengan
menggunakan fungsi manajemen secara umum, dinyatakan ?Layak?.},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/64293/}
}