%0 Thesis %9 S1 %A Farida, Rahma Nur %B PGSD %D 2019 %F UNY:64279 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN MEDIA ACTIVITY BOOK UNTUK MENANAMKAN NILAI PANCASILA DI KELAS II SD NEGERI SLEMAN 4 %U http://eprints.uny.ac.id/64279/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media activity book untuk menanamkan nilai Pancasila dalam pembelajaran PPKn di kelas II SD Negeri Sleman 4. Media tersebut juga akan diujicobakan untuk mengetahui tingkat kelayakannya sebelum digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan atau research and development (R&D). Penelitian ini berpedoman pada metode pengembangan oleh Borg dan Gall yang mencakup delapan langkah yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi hasil uji coba lapangan utama, dan 8) revisi produk akhir. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sleman 4, Kabupaten Sleman. Subjek uji coba lapangan awal adalah 3 siswa dan subjek uji coba lapangan utama adalah 9 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket guru kelas, dan angket respon siswa sebagai pengguna media. Teknik analisis dari data hasil penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan produk berupa media activity book dikategorikan layak untuk digunakan dalam pembelajaran PPKn di kelas II materi Pancasila. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji kelayakan yang mendapatkan skor 4,65 yang termasuk dalam kategori layak. Hasil uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan utama keduanya menunjukkan kategori layak dengan skor masing-masing 4,86 dan 4,79. Kata kunci: pengembangan, media activity book, nilai Pancasila