%0 Thesis %9 S1 %A Ambari, Hasan Muarif %B PGSD %D 2019 %F UNY:64276 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DI KELAS IV SD N VIDYA QASANA %U http://eprints.uny.ac.id/64276/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siwa kelas IV SD Negeri Vidya Qasana Tahun Ajaran 2018/2019 menggunakan model pembelajaran Role playing. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Vidya Qasana yang berjumlah 29 siswa, terdiri dari 18 siswa putra dan 11 siswa putri. Objek penelitian ini adalah kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes dan lembar observasi. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Adapun kriteria keberhasilan adalah minimal 90% dari jumlah siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu nilai 70, skor aktivitas guru dan siswa yang diperoleh lebih dari 80% dengan klasifikasi sangat baik, serta terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IV SD Negeri Vidya Qasana. Hasil Observasi pada siklus I dan II menunjukan peningkatan partisipasi aktif guru dari 81% menjadi 91%. Sedangkan, peningkatan partisipasi aktif siswa pada siklus I ke Siklus II dari 69% menjadi 86%. Hasil tes kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siklus I dan Siklus II meningkat dari 19 siswa (66%) menjadi 28 siswa (96%) dengan penngkatan sebesar 30% yang mencapai nilai KKM dari jumlah siswa seluruhnya yaitu 29. Nilai rata-rata hasil belajar siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan dari 70,69 menjadi 74,66 dengan peningkatan 3,97. Kata kunci: kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika, role playing