%I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2019 %T PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI-SOSIAL BERBASIS BUKU INTERAKTIF UNTUK SISWA KELAS V SD N DEMAKIJO 1 %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media bimbingan dan konseling pribadi-sosial berbasis buku interaktif yang layak untuk siswa kelas V dari penilaian ahli materi, ahli media serta respon siswa dan guru. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model 4D Thiagarajan, et al. meliputi 1) define, 2) design, 3) develop, dan 4) disseminate, yang dilaksanakan hingga tahap ke-3. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media bimbingan dan konseling pribadi-sosial berbasis buku interaktif layak digunakan berdasarkan penilaian ahli dan respon siswa dan guru. Kelayakan dari ahli materi memperoleh skor 118 dengan kategori “sangat baik”, ahli media memperoleh skor 89,5 dengan kategori “sangat baik”, respon siswa memperoleh skor 70,6 dengan kategori “sangat baik”, dan respon guru memperoleh skor 79,5 dengan kategori “baik”. Kata kunci: bimbingan dan konseling, pribadi-sosial, buku interaktif %A Yulianti Yulianti %L UNY64272