%A Rian Nita Sari %T UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS VB SD MUHAMMADIYAH BANYURADEN %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) kelas VB SD Muhammadiyah Banyuraden. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain PTK menggunakan Kemmis dan MC Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Tahapan model koopertaif tipe TGT diantaranya 1) presentasi di kelas, 2) tim, 3) game, 4)tournament, 5)recognisi tim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata skor keaktifan belajar siswa pada kondisi awal 20,88% dan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT pada siklus I rata-rata skor mencapai angka 68,88% yang artinya terjadinya peningkatan sebesar 48,00%. Setelah dilakukan perbaikan oleh guru yaitu memberikan giliran kepada siswa untuk melakukan tanya jawab khususnya bagi siswa yang pasif, memberikan umpan balik atau reward kepada siswa dan memberikan batasan waktu 2 menit pada kegiatan turnamen. Skor rata-rata keaktifan belajar pada siklus II mencapai angka 79,54% yang artinya terjadi peningkatan sebesar 10,66% persen. Kata kunci: Keaktifan Belajar, Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament %D 2019 %L UNY64269 %I Fakultas Ilmu Pendidikan