%0 Thesis %9 S1 %A Candra Ika, Rakhmawati %B Fakultas Ilmu Pendidikan UNY %D 2019 %F UNY:64250 %I PAUD %T MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MERONCE MENGGUNAKAN BAHAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK A1 DI TK ABA PATANGPULUHAN WIROBRAJAN YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/64250/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan meronce menggunakan bahan alam pada anak kelompok A TK ABA Patangpuluhan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan guru sebagai pelaksana dan peneliti sebagai pengamat. Subyek penelitian adalah semua anak kelompok A1 TK ABA Patangpuluhan yang berjumlah 18 anak, 11 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Obyek penelitian ini adalah keterampilan motorik halus melalui meronce menggunakan bahan alam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan meronce menggunakan bahan alam pada anak kelompok A1 TK ABA Patangpuluhan. Keterampilan motorik halus yang ditingkatkan meliputi: ketepatan, kecepatan, keterampilan jari-jemari, koordinasi mata dan tangan melalui kegiatan meronce menggunakan bahan alam. Bahan alam yang digunakan berupa sayuran, buah-buahan, bunga yang disusun menggunakan tali membentuk roncean. Hasil penelitian ini dapat dilihat pada saat pratindakan keterampilan motorik halus anak pada kriteria Mulai Berkembang (MB) atau sebesar 33.05 %, pada siklus I meningkat mejadi 55.43% atau berada pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan pada siklus II meningkat menjadi 88.36% atau pada kriteria Berkembang Sangat Bagus (BSB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan meronce menggunakan bahan alam dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok A1 TK ABA Patangpuluhan. Kata kunci: keterampilan, meronce, bahan alam