@phdthesis{UNY64249, year = {2019}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, author = {Eka Bakti Pratiwi}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SUROKARSAN 2 YOGYAKARTA}, month = {June}, url = {http://eprints.uny.ac.id/64249/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pop-up book guna meningkatkan motivasi belajar IPS yang layak digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R\&D). Prosedur pengembangan mengacu pada model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Model ini terdiri dari 3 tahap. Tahap tersebut yakni (1) studi pendahuluan yakni melakukan observasi; (2) studi pengembangan media meliputi perencanaan media, pembuatan prototipe, validasi oleh dosen ahli dan uji pelaksanaan kepada siswa; dan (3) studi evaluasi yakni diseminasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket untuk validasi media oleh dosen ahli dan lembar angket untuk respon siswa. Langkah yang dilakukan dalam pengembangan media ini yakni studi pendahuluan dan studi pengembangan. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan kualitas media pop-up book yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 4,64 dari ahli materi dan rata-rata 4,77 dari ahli media. Respon siswa terhadap media pop-up book pada uji pelaksanaan lapangan mendapat rata-rata 4,8 dengan kategori sangat baik. Sedangkan peningkatan motivasi belajar IPS berdasarkan analisis data skala motivasi belajar IPS sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran pop-up book diperoleh peningkatan dari 24,1\% untuk frekuensi terbanyak pada kategori motivasi tinggi menjadi 65,5\%. Kesimpulannya adalah media pop-up book dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas V SDN Surokarsan 2 Yogyakarta. Kata Kunci: media Pop-Up Book, motivasi belajar IPS} }