%D 2019 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH PENYELENGGARA INKLUSI SEKOLAH DASAR NEGERI TRIRENGGO KABUPATEN BANTUL %L UNY64243 %A Sri Mulyani %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program-program yang dilakukan SD Negeri Trirenggo sebagai sekolah inklusi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendamping khusus dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SD Negeri Trirenggo dilaksanakan melalui pembuatan visi, misi, dan tujuan yang berwawasan lingkungan serta penyusunan RKAS yang memuat program-program pengelolaan lingkungan hidup. Pelaksanaan program implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dilakukan dengan berbagai kegiatan yaitu: pemeliharaan sarana dan prasarana dengan melibatkan siswa, kegiatan pembiasaan seperti Semutlis dan Jum’at bersih, keteladanan dari guru, pengondisian sekolah yang ramah anak, tindakan spontan, pengintegrasian dalam pembelajaran, pengadaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka, pembuatan pupuk kompos, dan dokter kecil, menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, pengembagan akademik berupa menyusun RPP serta silabus berbasis lingkungan sesuai kebutuhan kelas inklusi, serta pengembangan perilaku pembelajaran berupa pemberian motivasi, kontrak belajar, dan dukungan orang tua. Evaluasi yang dilakukan adalah dengan mengadakan pertemuan rutin, lomba kebersihan kelas, catatan harian guru, serta penyediaan layanan bimbingan konseling. Kata kunci: pendidikan karakter, peduli lingkungan, sekolah dasar