TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/64241/ M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah sistematis pengembangan media kartu penggunaan huruf kapital untuk digunakan pada siswa kelas II SD, (2) menentukan tingkat validitas dan kualitas media kartu penggunaan huruf kapital untuk digunakan pada pembelajaran di kelas II SD. Penelitian ini, menggunakan prosedur pengembangan dari Borg & Gall meliputi tujuh langkah prosedur, yaitu: penelitian dan pengumpulan data awal, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, ujicoba lapangan awal, revisi produk, Ujicoba lapangan utama, dan penyempurnaan produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu penggunaan huruf kapital layak diujicobakan di sekolah dasar. Hasil validasi oleh ahli dari segi materi mendapat rata-rata 4,57 dengan kategori skor ?sangat tinggi?. Hasil validasi terakhir dari segi media mendapat rata-rata 4,19 dengan kategori skor ?sangat tinggi?. Hasil uji coba lapangan awal mendapatkan persentase skor 99,22% dengan kategori skor ?sangat tinggi?. Hasil uji coba lapangan utama mendapatkan persentase skor 97,91% dengan kategori skor ?sangat tinggi?. Kata kunci: media kartu, penggunaan huruf kapital, Kelas II SD TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PENGGUNAAN HURUF KAPITAL KELAS II SD SE-GUGUS UMBULHARJO PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Saptiana, Maharani Dwi AV - restricted ID - UNY64241 Y1 - 2019/06/12/ ER -