@phdthesis{UNY64234, month = {June}, title = {STUDI KASUS: PERILAKU BULLYING SISWA TUNAGRAHITA SEDANG DI SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI WANAREJA 01}, author = {Anisa Prami Dwi Cahyani}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2019}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bentuk, faktor penyebab serta dampak bullying yang dilakukan oleh siswa tunagrahita sedang di SD Negeri Wanareja 01 Cilacap. Fokus penelitian ini adalah bentuk, faktor penyebab dan dampak perilaku bullying siswa tunagrahita sedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian ini adalah siswa tunagrahita sedang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis Miles \& Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku bullying siswa tunagrahita sedang di SD Negeri Wanareja 01 berbentuk bentuk bullying secara langsung (direct bullying) berupa bullying secara fisik seperti memukul kepala, menjambak, menampar, menarik kerah baju, merampas benda milik orang lain, dan mencakar wajah. Selain itu, ATPS juga melakuan bullying secara verbal berupa mengejek. Perilaku ini terbentuk karena adanya faktor internal berupa adanya potensi dari diri ATPS sebagai akibat dari kondisi hambatan mental yang didukung oleh faktor eksternal berupa masalah keluarga, situasi dan kondisi sekolah yang mendukung tindakan bullying, pengaruh teman sebaya, pengaruh media masa, dan kecenderungan korban untuk dibully. Tindakan bullying yang dilakukan ATPS menimbulkan dampak bagi peserta didik yang lain diantaranya perkelahian, rasa takut terhadap pelaku, rasa sakit secara fisik serta terganggunya konsentrasi siswa yang lain ketika belajar. Kata Kunci: Perilaku Bullying, Tunagrahita Sedang, Bentuk, Faktor, Dampak}, url = {http://eprints.uny.ac.id/64234/} }