%I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2019 %T UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SEDERHANA MELALUI MEDIA BUKU PECAHAN DI KELAS III SEMESTER 2 SDN PIRING TAHUN AJARAN 2018/2019 %A Yuni Arumsari %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Piring pada mata pelajaran Matematika dengan pokok bahasan pecahan sederhana melalui penggunaan media buku pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Piring tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Desain penelitian menggunakan model menurut Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi dan tes evaluasi tertulis. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku pecahan dapat meningkatkan hasil pembelajaran dan proses pembelajaran matematika siswa kelas III SD Negeri Piring. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa. Pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 71,42 meningkat pada siklus II menjadi 75,71. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus I sebanyak 16 siswa atau sebesar 76% pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa atau sebesar 95%. Peningkatan aktivitas pembelajaran menggunakan media buku pecahan dapat dilihat pada akhir siklus I yaitu aktivitas siswa mencapai kriteria baik dengan nilai keberhasilan 71,4 kemudian meningkat pada akhir siklus II yaitu aktivitas siswa mencapai kriteria sangat baik dengan nilai keberhasilan 89,2. Kata Kunci: hasil belajar matematika, media buku pecahan, kelas III SD %L UNY64233