%L UNY64227 %D 2019 %T PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KALIAJIR BERBAH SLEMAN %I Fakultas Ilmu Pendidikan %A Nadia Shela Devi %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SD Negeri Kaliajir Berbah Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang berlangsung dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes, lembar observasi siswa, dan lembar observasi guru. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Kaliajir. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari hasil evaluasi setiap siklus yang mengalami peningkatan. Peningkatan ketuntasan prestasi belajar siswa pada pratindakan sebesar 40%, siklus I sebesar 63,33%, siklus II sebesar 76,67%, dan siklus III sebesar 90%. Peningkatan ketuntasan siswa juga diikuti kenaikan rata-rata siswa, yaitu pada pratindakan sebesar 59,60, siklus I sebesar 64,63, siklus II sebesar 71,03, dan siklus III sebesar 72,43. Berdasarkan observasi pada saat pelaksanaan tindakan, proses pembelajaran IPS terlihat siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran dan memperhatikan penjelasan guru, serta siswa terlihat antusias dalam mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Kata kunci: prestasi belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw