%X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kesantunan berbahasa siswa yang berhubungan dengan kualitas pergaulan teman sebaya, dimana pergaulan teman sebaya merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesantunan berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pergaulan teman sebaya dengan kesantunan berbahasa siswa kelas IV Sekolah Dasar se-Gugus Brontokusuman Kecamatan Mergangsan Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatifex-post facto yang dapat dilihat dari data penelitian yang berupa angka–angka dan dianalisis menggunakan statistik. Penelitian ini dilaksanakan di SD se-Gugus Brontokusuman Kecamatan Mergangsan Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD se-Gugus Brontokusuman Kecamatan Mergangsan Yogyakarta yang berjumlah 254 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 155 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin.Analisis data dilakukan dengan Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: variabel kualitas pergaulan teman sebaya termasuk dalam kategori sedang dengan nilai antara 76,92 – 98,08 dengan persentase sebesar 68,39%. Variabel kesantunan berbahasa termasuk dalam kategori sedang dengan nilai antara 98,696 – 123,284 dengan persentase sebesar 72,26%. Nilai korelasi sebesar 0,738 berada di antara 0,60 – 0,799 termasuk dalam kategori kuat. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kualitas pergaulan teman sebaya dengan kesantunan berbahasa siswa. Kata kunci: kualitas pergaulan teman sebaya, kesantunan berbahasa %T HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PERGAULAN TEMAN SEBAYA DENGAN KESANTUNAN BERBAHASA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR SE-GUGUS BRONTOKUSUMAN KECAMATAN MERGANGSAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019 %D 2019 %A Meike Nur Herawati %L UNY64226 %I Fakultas Ilmu Pendidikan