%L UNY64224 %A Nurul Fitri Hidayati %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan media pembelajaran yang kurang memadai, dimana media dapat membantu siswa memahami pembelajaran dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa Media Peta Kebudayaan yang layak digunakan dalam kegiatan pembeajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan pendekatan penelitian yang dikembangkan oleh Sugiyono. Peneliti mengambil Sembilan tahapan dari sepuluh tahan yang ada. Sembilan tahapan tersebut yaitu melihat potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan revisi produk. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Golo Yogyakarta pada siswa kelas IV. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media peta kebudayaan layak digunakan untuk siswa sekolah dasar kelas IV. Produk penelitian telah melalui tahap penilaian validasi dari ahli materi dan ahli media, uji coba produk, dan uji coba pemakaian. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor rata-rata 4.67 dengan kriteria ‘sangat baik’. Validasi dari ahli media dilaksanakan sebanyak tiga kali, hasil validasi yang ketiga memperoleh sko rata-rata 4.47 dengan kriteria ‘sangat baik’. Hasil uji pemakaian memperoleh skor rata-rata 4.275 dengan kriteria ‘sangat baik’. Hasil uji coba pemakaian mempeoleh skor rata-rata 4.367 dengan kriteria 4.364 dengan kriteria ‘sangat baik’. Kata kunci : peta kebudayaan, keragaman, kelas IV %T PENGEMBANGAN MEDIA PETA KEBUDAYAAN TEMA 7 INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU UNTUK KELAS IVA SD N GOLO YOGYAKARTA %I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2019